57. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
A.
Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk
mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan
berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan
moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui
aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara
sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan
manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam
berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang
dilakukan secara sistematis. Pembekalan
pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan
pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan
bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran
pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah
dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami
berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan
dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek
kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya
aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill.
Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan
kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan
kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan
psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan
nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta
pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan
perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan
dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang
terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan
olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan
fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata
pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Permainan dan
olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan
lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders,
kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis,
dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan
meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur
tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam
meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan
alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik
meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas
lainnya
5. Aktivitas air
meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas
lainnya
6. Pendidikan luar
kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan
perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih
makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif
dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek
kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua
aspek.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/
aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2.
Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berdiri
2.2 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis
tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.2 Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis
tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan
nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan
gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2 Mengenal
pentingnya imunisasi
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas
jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar,
mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek
berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
|
7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
|
7.1 Membiasakan penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam
posisi bergerak
|
8. Mempraktikkan gerakan senam lantai
sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan
gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan
benar serta nilai disiplin
|
9. Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak
berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian
secara individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/ kelompok
kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan dasar-dasar
pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
aktivitas dasar di air
10.2 Mempraktikkan
berbagai permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
|
11. Mempraktikkan pengenalan
lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani
dan nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama,
dan kebersihan lingkungan
11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang
menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola
hidup sehat
11.3 Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan
minuman yang baik
|
12. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
12.1
Menjaga kebersihan gigi dan mulut
12.2
Mengenal makanan sehat
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan
sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan memahami diri sendiri
1.3
Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan
menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami
diri sendiri
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan
otot lengan dan tungkai dengan mengikuti
aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai
aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan
benar
|
3. Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat: melompat dan meloncat
dengan isyarat ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan senam ketangkasan dengan
menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
4. Mempraktikkan keterampilan dasar
ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik ke depan,
belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai
kerja sama
4.2 Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan
dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin
dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan
telinga
5.2 Memilih makanan bergizi
|
Kelas II , Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan latihan dasar untuk
meningkatkan kekuatan otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian
anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7.Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
dua bentuk senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara,
melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor
keselamatan
7.2 Mempraktikkan rangkaian gerak senam
ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat
tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik
|
8.
Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan
ruang dengan menggunakan atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan
ruang secara berpasangan, menggunakan atau tanpa musik, serta nilai
kerjasama, dan disiplin
8.2
Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan
ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerjasama, dan
disiplin
|
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan
penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan
orang lain, serta nilai kebersihan
9.3 Mempraktikkan gerak dasar renang:
mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan bernapas, serta nilai
disiplin
|
10. Mempraktikkan
kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan
berbagai aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan,
kesehatan dan keselamatan
10.2 Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan
sekolah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan, kerjasama dan
disiplin
10.3
Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
|
11. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
11.1 Menjaga kebersihan tangan dan kaki
11.2 Mengenal cara makan sehat
|
Kelas III, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai
kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak
jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun,
membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama
1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar,
menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja
sama
|
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani
secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada
secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan gerak senam lantai, senam
ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam
lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
4.
Mempraktikkan gerak dasar melaului aktivitas ritmik dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai
percaya diri dan disiplin
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan
iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kelas III, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6.
Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik
dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan
dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
7. Mempraktikkan latihan
dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan koordinasi gerak, dan nilai disiplin
|
8. Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana tanpa alat,
dan nilai disiplin
8.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan yang agak kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang
berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual
dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas
ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau
tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri,
disiplin dan kerjasama |
10. Mempraktikkan gerak dasar
renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas renang gaya dada
dan nilai kebersihan
10.3 Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai
renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
11. Mempraktikkan
pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama,
memperhatikan faktor keselamatan
11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan
sekolah
11.3 Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan
aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat`
|
12.1
Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.2
Mengenal cara menggunakan peturasan
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke
dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar atletik
sederhana, serta nilai semangat,
percaya diri dan disiplin**)
1.3. Mempraktikkan gerak dasar
permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
|
2.
Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya
tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja
keras, dan disiplin
2.2 Mempraktikkan aktivitas
permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan
disiplin
|
3. Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta
keberanian
3.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin
serta keberanian
|
4. Mempraktikkan keterampilan gerak
ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara beregu
menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2 Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai estetika
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan
sekolah
5.2 Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
Kelas IV, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerja sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan
yang bervariasi dalam permainan bola
besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
6.3
Mempraktikkan gerak dasar atletik yang dimodifikasi: lompat, loncat dan lempar, dengan
memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan
kejujuran**)
|
7.
Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan
keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan aktivitas dan
permainan untuk melatih daya tahan dan
kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2
Mempraktikkan aktivitas dan
permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan
kualitas gerak yang meningkat, serta
nilai kerja keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
8.
Mempraktikkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih
tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerja sama dan estetika
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama
|
9.
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa
dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur (misal SKJ)
secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan
estetika.
9.2 Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur (misal
SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama,disiplin dan
estetika
|
10.
Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya *)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai,
menggerakkan lengan serta nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas dalam renang gaya bebas
10.3 Mengkombinasaikan
gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebas
10.4 Mempraktikkan
dasar-dasar keselamatan di air
|
11. Mempraktikkan kegiatan berkemah
di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan berbagai keterampilan yang
sesuai untuk kegiatan perkemahan,
serta nilai kerja sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
11.2 Mempraktikkan
aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
11.3 Mempraktikkan pola hidup sehat
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal
berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga
kebersihan lingkungan terhadap sumber
penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar
ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan
kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi permainan bola besar, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan
kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi atletik, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan
kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot
anggota badan bagian atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan
kejujuran
2.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan
kualitas gerak yang meningkat, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan latihan peregangan dan
pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya
diri, dan disiplin
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk senam
ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai percaya diri dan
disiplin
|
4. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam
gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola jalan,
lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan
disiplin
4.2 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak jalan, lari dan lompat
dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal cara menjaga
kebersihan alat reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk
pelecehan seksual
5.3 Mengenal cara menjaga
diri dari pelecehan seksual
|
Kelas V, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai
kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan variasi teknik
dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan variasi teknik
dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas,
kerjasama, percaya diri dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas
untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk
kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan berbagai
bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan sebuah
rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil
yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian
gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan kombinasi
berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun,
menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama,
percaya diri, dan disiplin
9.2 Mempraktikkan satu pola
gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama,
percaya diri, dan disiplin
|
10. Mempraktikkan gerak dasar
renang gaya punggung, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak
dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri
|
11. Mempraktikkan
penjelajahan di linkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pembuatan rencana kegiatan
penjelajahan
11.2 Mempraktikkan
berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah
yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan
etika
|
12. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
12.1 Mengenal
bahaya merokok bagi kesehatan
12.2
Mengenal bahaya miruman keras
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai
gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan
bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu
permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam
teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai
semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran
|
2. Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu
dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk
memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin,
dan kerja keras
2.3 Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai
untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan,
disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan kombinasi
senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan
sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
|
|
3.2
Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan
gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri,
disiplin dan estetika
|
4.
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu,
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana menggunakan gerak jalan dan
lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal bahaya narkoba
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
|
Kelas
VI, Ssmeste 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan penerapan teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan penerapan teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan pengembangan koordinasi
beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
7.Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan sikap
hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.2 Mempraktikkan
peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai
disiplin.
7.3 Mempraktikkan
aktivitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara
berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan,
disiplin dan kerja keras
|
8. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan
senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan
kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin, dan kerjasama
8.2 Mempraktikkan kombinasi
bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan
kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan
membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai
kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak
ritmik sederhana dengan jalan dan
lompat secara berpasangan dan beregu, serta
nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar
salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan
tungkai maupun lengan renang gaya dada
dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan
kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya
renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.3 Mempraktikkan kombinasi
gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan
dasar-dasar keselamatan di air
|
11. Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara
sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama,
serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal
cara menolak ajakan menggunakan narkoba
12.2 Mengenal
cara menolak perlakuan pelecehan seksual
|
Keterangan
1.
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan,
disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan
fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang
dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau
semester 2
2.
Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat
terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui
kegiatan ekstra kurikuler
E.
Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar